Rubrik? ya rubrik, mungkin masih terdengar asing ditelinga. Apa ada hubungannya dengan Publik, Republik?. Nah, kalao teman-teman pengajar mungkin sudah tidak asing dengan kata ini.

Tidak ada tujuan yang lebih penting dalam proses belajar mengajar kecuali mengusahakan agar perkembangan dan belajar siswa mencapai tingkat optimal, pemberian nilai merupakan salah satu cara dalam usaha ke arah tujuan itu, asal dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Pemberian nilai merupakan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memberikan suatu balikan (feed back/umpan balik) yang mencerminkan berapa jauh seorang siswa telah mencapai tujuan yang ditetapkan dalam pengajaran atau sistem istruksional (Arikunto, 1999). Suatu penilaian dapat berbentuk lembar penilaian. . Contoh lembar penilaian adalah rubrik.

Menurut beberapa ahli (Zainul, 2001) rubrik adalah pedoman penilaian kinerja atau hasil kerja siswa. Dengan adanya kriteria ini maka penilaian yang subjektif atau  tidak adil  dapat dihindari atau paling tidak dikurangi. Dengan adanya kriteria, guru menjadi lebih mudah menilai prestasi yang dapat dicapai siswa, dan siswapun akan terdorong untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya karena pedoman penilaiannya jelas.

Tujuan rubrik yaitu mengukur dan membuat refleksi terhadap kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam penguasaan dan pemahaman suatu kemahiran atau disiplin ilmu.

Teknik Penilaian Diri (Rubrik)

1). Menentukan kompetensi atau aspek kemampuan yang akan dinilai.

2). Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.

3). Merumuskan format penilaian, dapat berupa pedoman penskoran, daftar tanda cek, atau skala penilaian.

4). Meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri.

5). Pendidik mengkaji sampel hasil penilaian secara acak, untuk mendorong peserta didik supaya senantiasa melakukan penilaian diri secara cermat dan objektif.

6). Menyampaikan umpan balik kepada peserta didik berdasarkan hasil kajian terhadap sampel hasil penilaian yang diambil secara acak.

Ada banyak sekali macamnya, tentunya disesuiakan dengan RPP yang digunakan ataupun metode mengajar yang diterapkan. Terdapat rubrik yang mampu mengakses ketiga ranah pengembangan pendidikan (kognitif, afektif dan psikomotorik) atau bahkan ada yang secara khusus mengakses kehadiran dari masing-masing domain pendidikan.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

One response »

  1. Johne271 says:

    I’m really impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, its rare to see a great blog like this one these days.. abdgeedecdbf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s