Darmawan, Ericka. 2010

Pemahaman portofolio dalam banyak disiplin ilmu memiliki banyak sekali penjelasan. Pada kesempatan ini kita akan meretas pemahaman portofolio dari sudut pandang pendidikan. Menurut Gronlund (1998:158-161) penilaian portofolio adalah penilaian yang mengandalkan koleksi/kumpulan sampel hasil karya siswa. Koleksi hasil karya tersebut adalah hasil karya terbaik, yang mencerminkan hasil belajar mereka. Kadang portofolio dapat dibatasi pada hal yang khusus seperti koleksi siswa tentang keterampilan menulis untuk mengetahui kemajuan siswa dalam hal keterampilannya menulis, misalnya keterampilan siswa dalam menulis surat, mengarang, dan membuat puisi. Dapat pula portofolio merupakan kumpulan karya siswa dalam berbagai hal. Secara umum portofolio merupakan suatu berkas pilihan atau kumpulan karya individual siswa, yang dikerjakan dalam kurun waktu tertentu, yang dapat memberikan informasi obyektif bagi suatu penilaian.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan penilaian portofolio: (1) Guru harus menentukan penggunaan portofolio; apakah untuk proses pembelajaran atau sebagai alat penilaian (2) Guru harus menentukan fokus penilaian portofolio yang dikerjakan siswa; apakah untuk menilai hasil akhir, proses atau untuk menilai keduanya
Penilaian portofolio ini mampu memberikan gambaran aktivitas siswa secara holistik dibandingkan paper and pencil test. Bagi rekan-rekan pendidik portofolio ini dapat digunakan sebagai asesmen autentik. Berikut merupakan konklusi beberapa manfaat portofolio:
1. Koleksi dalam portofolio dapat menunjukkan kemajuan belajar siswa, dan upaya siswa yang positif untuk menghasilkan karya yang terbaik
2. Timbulnya motivasi yang lebih besar untuk bekerja lebih baik dibandingkan pada kerja sebelumnya
3. Meningkatkan kemampuan penilaian diri sehingga siswa semakin memahami kriteria-kriteria penilaian atas karya yang dihasilkan
4. Dapat untuk dijadikan dasar untuk membedakan antar individu siswa
5. Menyediakan media untuk berkomunikasi antara siswa, guru, orang tua dan pihak lain yang terkait.

About JavAurora

JavAurora is a blog that I created, Ericka Darmawan. I work as a lecturer at Tidar University, a State University in the City of Magelang. I completed my doctorate (Dr.) at State University of Malang (Universitas Negeri Malang/UM) in the field of Biology education. My research revolves around developing learning models, Ecological education, and Disaster Mitigation learning. Should you want to know further information on my academic works, please visit https://scholar.google.co.id/citations?user=Yk53JMsAAAAJ&hl=en&authuser=1

Leave a comment