Darmawan, Ericka. 2010

Ada sesuatu yang menarik pada saat saya membaca buku tentang tujuan pendidikan yang bersifat global, dan telah disepakati negara-negara seluruh dunia. Apa yang menarik disana? terutama menyoal kearifan lokal yang teresksplisitkan dalam point ke-6 dari 8 tujuan pendidikan tersebut.

Upaya mengangkat “cultural appreciation” sangatlah menarik untuk disimak,  ditinjau dari muasalnya budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Begitu adiluhungnya budaya sehingga masyarakat globalpun memahaminya sebagai karya manusia yang harus terpelihara keberadaannya.

Penulis menyitir pernyataan tersebut karena dirasakan korelasinya yang begitu mendalam tentang tujuan utama penulisan blog ini, yakni untuk melestarikan budaya lokal dan mengangkat local wisdom menjadi raja dinegerinya sendiri. Marilah kita hiasi pendidikan kita dengan pernak-pernik budaya nasional maupu budaya lokal serta memberdayakan kembali nilai-nilai muatan lokal yang mungkin sedang mati suri.

Untuk lebih memahami tujuan pendidikan universal secara holistik maka berikut saya cantumkan item-item yang tertera jelas didalamnya:

  1. Intellectual and manual skills
  2. Powers or reason and analisys
  3. Values, attitudes, motivation
  4. Creativity and inventiveness
  5. Communication skills
  6. Cultural appreciation
  7. Understanding of the world
  8. Sense of social responbility

Untuk mempermudah pemahaman akan tujuan tersebut, berikut saya sampaikan pula terjemahan dari tujuan diatas, karena saya ingat apa yang dikatakan guru besar saya Prof. Duran bahwa bahasa menentukan struktur berpikir seseorang.

1. Intelektual dan cakap
2. Kekuatan menyampaikan alasan dan analisis
3. Nilai, sikap, motivasi
4. Kreativitas dan penemuan
5. Keterampilan berkomunikasi
6. Apresiasi terhadap Budaya
7. Memahami dunia
8. Rasa untuk merespon sosial

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s