Secara harfiah posisi punakawan adalah sebagai pembantu bagi para ksatria, namun dalam konteks ini peran punakawan tidaklah demikian, perannya sangat identik sebagai pengayom, pendidik, pemerhati masalah-masalah sosial yang berkembang dan perannya yang begitu besar dalam keberhasilan kemenangan pandawa pada perang barathayudha. Semar, Bagong, Gareng dan Petruk adalah tokoh sentral dalam episode kali ini, jasanya dalam membimbing para ksatria tidak dapat dipandang sebelah mata.

Begitu luar biasanya keempat tokoh punakawan tersebut (dalam cerita jawa disebutkan bahwa pengetahuan ilmu mereka setara dewa) namun mereka tahu bahwa mereka adalah pendidik yang profesional sehingga mampu menjadi penyeimbang arus tanpa merubah arus, mendidik dan mengarahkan para kesatria sehingga haus akan kebenaran, keilmuan dan keunggulan budi pekerti.

Ditinjau secara kontekstual peran punakawan ini mirip dalam serial ninja favorite anak-anak sekarang, yakni NARUTO tepatnya para sinsei didesa KONOHA, tutorial yang intens terhadap muridnya dengan model man to man marking, diimbangi dengan peningkatan  yang simultan antara faktor koqnitif, afektif dan psikomotor yang diberikan sesuai dengan jenjang usia merupakan modal utama keberhasilan punakawan dalam mengasuh anak-anak didiknya menjadi ksatria yang adidaya dan unggul.

Filosofi keteladanan punakawan yang fokus seyogyanya mampu mendorong para punakawan-punakawan generasi baru (baca:guru) untuk menauladani dan mengikuti cara mengajar berbekal keaarifan lokal yang mereka turunkan dari generasi ke generasi. Guru memang identik dengan “pelayan” atau fasilitator bagi anak didiknya. Peran kita tidaklah hanya sebagai transporter ilmu namun lebih jauh dari itu “NEW PUNAKAWAN” adalah tujuan kita sebagai pendidik.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s