Darmawan, Ericka. 2010

Metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions) ini dikembangkan oleh Robert E. Slavin, dkk dari Universitas John Hopkins. Metode ini dipandang sehagai metode yang paling sederhana dan paling langsung dari pendekatan pembelajaran kooperatif. Para siswa dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok atau tim yang masing-masing terdiri dari empat atau lima siswa. Setiap kelompok memiliki anggota yang heterogen, baik jenis kelamin, ras, etnik maupun kemampuan akademiknya (Nurhadi, 2004).

Menurut Slavin (1995) ada lima komponen utama dalam STAD (Student Teams-Achievement Division), yaitu:

1.    Penyajian kelas (Class Presentations). Guru menyajikan materi di depan kelas secara klasikal yang difokuskan pada konsep-konsep dari materi yang akan dibahas saja. Selanjutnya siswa disuruh belajar dalam kelompok kecil untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

2.    Pembentukan kelompok belajar (Teams). Siswa disusun dalam kelompok yang anggotanya heterogen (baik kemampuan akademiknya maupun jenis kelaminnya). Caranya dengan merangking siswa berdasarkan nilai rapor atau nilai terakhir yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran kooperatif model STAD.

3.    Pemberian Tes atau kuis (Quizzes). Setelah belajar kelompok selesai diadakan tes atau kuis dengan tujuan untuk mengetahui atau mengukur kemampan belajar siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Tujuan tes ini adalah untuk memotivasi siswa agar berusaha dan bertanggungjawab secara individual. Siswa dituntut untuk melakukan yang terbaik sebagai hasil belajar kelompoknya.

4.    Pemberian skor peningkatan individu (Individual Improvement Scores). Hal ini dilakukan untuk memberikan kepada siswa suatu sasaran yang dapat dicapai jika mereka bekerja keras dan memperlihatkan hasil yang baik dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Pengelola skor hasil kerjasama siswa dilakukan dengan urutan berikut: skor awal, skor tes, skor peningkatan dan skor kelompok.

5.    Penghargaan kelompok (Team Recognition) Penghargaan kelompok ini diberikan dengan memberikan hadiah sebagai penghargaan atas usaha yang telah dilakukan kelompok selama kegiatan belajar mengajar.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

3 responses »

  1. ucy says:

    mau nanya ciri-ciri kooperatif tipe STAD

    • JavAurora says:

      silahkan kawan, kalau saya bisa akan saya coba menjawabnya

      • JavAurora says:

        mohon maas ni kawan ucy kemarin terlalu cepat membaca komentnya..
        ini ciri STAD menurut slavin
        1. Penyajian kelas (Class Presentations).
        2. Pembentukan kelompok belajar (Teams).
        3. Pemberian Tes atau kuis (Quizzes).
        4. Pemberian skor peningkatan individu (Individual Improvement Scores), dan
        5. Penghargaan kelompok (Team Recognition)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s