Darmawan, Ericka. 2010

Berbicara mengenai pembelajaran kooperatif memang menarik untuk terus digali dan didiskusikan. Topik yang akan di coba selami kali ini berjuluk Cooperative Script, beberapa pengertian pembelajaran Cooperative Script diantaranya:

1. Cooperative Script adalah skenario pembelajaran kooperatif (Danserau dalam Hadi, 2007).
2. Pembelajaran Cooperative Script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas (Schank dan Abelson dalam Hadi, 2007).

Berdasarkan pengertian di atas terdapat benang merah yang menghubungakan keduanya yaitu terjadi suatu kesepakatan antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa untuk berkolaborasi memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran dengan cara-cara yang kolaboratif seperti halnya menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sosial siswa (Brousseau dalam Hadi, 2007).
Pembelajaran Cooperative Script berpijak pada faham konstruktivisme, pada pembelajran ini terjadi kesepakatan antara siswa tentang aturan-aturan dalam berkolaborasi. Masalah yang dipecahkan bersama akan disimpulkan bersama, peran guru hanya sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan belajar.

Pada interaksi siswa terjadi kesepakatan, diskusi, menyampaikan pendapat dari ide-ide pokok materi, saling mengingatkan dari kesalahan konsep yang disimpulkan, membuat kesimpulan bersama. Interaksi belajar yang terjadi benar-benar interaksi dominant siswa dengan siswa. Dalam aktivitas siswa selama pembelajaran Cooperative Script benar-benar memberdayakan potensi siswa untuk mengaktualisasikan pengetahuan dan keterampilannya, jadi benar-benar sangat sesuai dengan pendekatan konstruktivis yang dikembangkan saat ini.

Berdasarkan variasi tahapan-tahapan tersebut juga banyak memunculkan sebutan-sebutan strategi pembelajaran Cooperative Script, diantaranya adalah MURDER Script (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review) (Jacobs, dkk, 1996).

a. Mood merupakan tahap kesepakatan untuk menentukan aturan yang digunakan dalam berkolaborasi, misalnya memberikan isyarat jika terjadi kesalahan dalam menyampaikan ide-ide pokok seperti menepuk bahu atau dengan isyarat suara atau dengan yang lainnya
b. Understand merupakan tahap membaca untuk memahami isi teks dalam waktu tertentu
c. Recall merupakan tahap membuat ringkasan ide-ide pokok dari materi, dan selanjutnya menyampaikan kepada pasangannya
d. Detect merupakan menemukan kesalahan dari ringkasan dan penyampaian pasangannya
e. Elaborate merupakan tahap menguraikan hasil ringkasan materi kepada pasangannya
f. Review merupakan tahap kedua pasangan mencari hubungan ide-ide pokok materi dengan kehidupan nyata siswa, ide lain yang pernah dipelajari, pendapat tentang materi, dan reaksi emosional atau respon terhadap ide-ide pokok materi.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

5 responses »

  1. tokeyo says:

    mas brow tolongdunk cantumkan referensinya… please…

    • JavAurora says:

      Hadi, S. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis, Ketrampilan Metakognisi, dan Kemampuan Kognitif Biologi Pada Siswa Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

      Jacobs, G.M., Lee, G.S., & Ball, J. 1996. Learning Cooperative Learning Via Cooperative Learning: A Sourcebook of Lesson Plants For Teacher Education On Cooperative Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.

      Lie, A. 2002. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

      monggo mas brow… ini beberapareferensi yg bisa di jadikan acuan

  2. liya says:

    mas? punya soft file referensi tentang cooperative script ga? kalo utk tesisnya Hadi, ada summary atau short papernya ga. yang kiranya bisa dijadikan salah satu sumber? mkasih ..

  3. JavAurora says:

    silahkan login di perpustakaan um. online. kemudian search yang dicari. ada abstrak, dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s