Darmawan, Ericka. 2010

TGT (Teams Game Tournaments) merupakan salah  satu  metode pembelajaran kooperatif yang menjunjung nilai student center.  Menurut Slavin (1997) pada dasarnya TGT (Teams Game Tournaments) sama dengan STAD hanya saja ada turnamen pengganti kuis. Dalam TGT (Teams Game Tournaments) terdiri dari lima komponen utama yaitu penyajian kelas, belajar kelompok, game, turnamen dan penghargaan.

Menurut Azizah (2004) bahwa model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Game Tournaments) mampu menjadikan siswa belajar lebih aktif dan siswa memperoleh prestasi yang lebih dibanding pembelajaran metode yang lain. Mereka saling bekerja sama dan bertanggung jawab untuk membuat kelompoknya menjadi kelompok terbaik, sehingga siswa belajar lebih antusias. Hal ini juga sesuai dengan penelitian Hidayati (2005) yang menyatakan bahwa motivasi belajar siswa akan mengalami peningkat setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Game Tournaments).

TGT merupakan salah satu metode dari pembelajaran koperatif yang mudah untuk diterapkan karena tidak memerlukan ruangan dan peralatan khusus. TGT sebagaimana pembelajaran kooperatif yang lain memunculkan adanya kelompok dan kerjasama dalam kelompok. TGT seperti halnya STAD dalam setiap hal, namun perbedaanya dalam sistem penskoran individu. TGT menggunakan turnamen akademik dimana siswa bersaing mewakili kelompok mereka dengan anggota kooperatif TGT.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

2 responses »

  1. ninta barus says:

    saya pelu sekali informasi tentang penggunaan tgt buat penelitian sya, bisa tolong d krim info lengkapnya???

  2. JavAurora says:

    Ini kawan ninta sumber yang mungkin bisa membantu penyusunan tugas/ skripsi kawan. Karena saya dari UM, refernsi yg bisa saya sampaikan terbanyak dr sana. Smoga bisa membantu

    Silberman, mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka insan mandiri

    Slavin, R.E.1997. Coopertive Learning. Theory, Research And Practice (Second Edition). America: a. simun & Schuster Company.

    Susanto, Pudyo.1999.Strategi Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah. Malang : Jurusan Biologi FMIPA UM.

    Rahayu, Sri. 1998. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

    Lie, A.2002. Coopertive Learning. Jakarta: Gramedia.
    Kahfi, M.S. 2003a. Pembelajaran Kooperatif dan Pelaksanaannya dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

    Hidayati, Ezzah. 2005. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMP Negeri 2 Pamekasan pada Pokok Bahasan Sistem Koordinasi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

    Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

    Azizah, S. N.L.2004.Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Siswa yang diajar dengan Pembelajaran Kooperatif model TGT dan Siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional pada Pokok Bahasan Statistika Kelas 2 SLTPN 2 Malang tahun ajaran 2003/2004. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s