Secara umum untuk menggairahkan proses pembelajaran aktif memungkinkan diperolehnya beberapa hal. Pertama, interaksi yang timbul selama proses pembelajaran akan menimbulkan positive interdependence dimana konsolidasi pengetahuan yang dipelajari hanya dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi aktif dalam belajar. Kedua, setiap individu harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan pengajar harus dapat mendapatkan penilaian untuk setiap siswa sehingga terdapat individual accountability. Ketiga, proses pembelajaran aktif ini agar dapat berjalan dengan efektif diperlukan tingkat kerjasama yang tinggi sehingga akan memupuk social skills.

Proses pembelajaran di sekolah memerlukan dua pihak, pengajar dan pelajar. Proses belajar-mengajar harus aktif dan dinamis. Sistem pembelajaran satu arah tidak seharusnya dianut lagi. Pembelajaran harus berlangsung dua arah, masing-masing pihak harus bekerjasama dan memainkan peran untuk menghasilkan pembelajaran yang sukses. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak karena merekalah yang akan belajar. Anak didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, memiliki keunikan masing-masing yang tidak sama dengan orang lain.

Dalam aplikasinya active learning atau pembelajaran aktif adalah seni bagaimana siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, guru hanyalah sebatas fasilitator yang menjadi motivator bagi siswa agar terus menggali informasi, hal ini tentu memerlukan skill yang memadai untuk dapat menggerakkan dan mentrigger aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa sesuai dengan proses pembelajaran yang sudah di rencanakan. Sehingga, tahap persiapan dan pelaksanaan memerlukan keterkaitan yang jelas. Factor lain yang tidak boleh dilupakan adalah faktorteknis pelaksanaan. Pengajar sebagai motor penggerak harus mampu mengkondisikan dan memikirkan teknis-teknis maupun kemungkinan yang akan terjadi selama kegiatan belajar mengajar.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s