Ada banyak rumusan pengertian tentang kromosom yang telah dikemukakan pada berbagai sumber yang sudah dipublikasikan. Beberapa pengertian kromosom dari berbagai sumber antara lain:

1. Kromosom adalah suatu struktur serupa benang yang ditemukan dalam inti sel, yang mengandung gen-gen dalam urutan linier; suatu molekul DNA yang utuh yang merupakan genom suatu sel prokariotik; pada sel-sel eukariot kromosom terdiri dari suatu molekul DNA yang tergabung dengan histon serta protein-protein lainnya (Ayala , dkk., 1984 dalam Corebima, 2008:7).

2. Kromosom adalah badan atau struktur nukleoprotein berwarna gelap yang terlihat di dalam sel selama pembelahan. Tiap kromosom mengandung suatu deretan gen yang linier (Gardner, dkk.,1991 dalam Corebima, 2008:7).

3. Pada prokariot, kromosom adalah suatu molekul DNA utuh yang merupakan genom; pada eukariot, kromosom adalah suatu molekul DNA yang tergabung dengan RNA dan protein membentuk struktur serupa benang yang mengandung informasi genetik dalam susunan linier, serta dapat terlihat selama mitosis dan meiosis (Klug dan Cummings, 2000 dalam Corebima, 2008:7).

Selanjutnya Corebima (2008:7) memberi pengertian sendiri tentang kromosom yaitu sebagai molekul asam nukleat yang melakukan replikasi diri, mengandung sejumlah gen, serta pada struktur tertentu tersusun dari DNA dan protein. Selanjutnya, secara operasional makna kromosom seharusnya dinyatakan terkait dengan kelompok makluk hidup yang memiliki ataupun tempat (alamat) kromosom. Dalam hal ini:

1. Pada virus, kromosom adalah molekul asam nuleat telanjang (DNA dan RNA) yang mengandung sejumlah gen.

2.  Padamakluk hidup prokarioik, keromosom adalah molekul DNA (mengandung sejumlah gen) yang bergabung dengan protein tertentu (bukan histon).

3. Pada inti sel makluk hidup eukariotik, kromosom adalah molekul DNA (mengandung sejumlah gen) yang bergabung dengan dengan protein histon dan protein lain (lazim disebut sebagai nukleoprotein).

4. Pada organela tertentu (seperti: mitokondria,  kloroplas, dll.) dan sel makluk hidup eukariot, kromosom adalah molekul DNA (mengandung sejumlah gen) yang bergabung dengan protein tertentu (bukan histon).

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s