SKL adalah adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan SKL Ujian merupakan representasi dari keseluruhan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran; Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan  menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik

Berdasarkan analisis terhadap SKL ini, maka soal Ujian Akhir Nasional untuk mata pelajaran biologi adalah 40 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 120 menit (3’ persoal), cakupan soal ujian akhir nasional adalah semua materi kelas X SMA- XI SMA dan XII SMA.

Secara garis besar berikut merupakan kisi-kisi materi yang akan “diterjemahkan” ke dalam soal

SKL 1

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

  1. Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem).
  2. Mendeskripsikan klasifikasi organisme makhluk hidup.
  3. Mendeskripsikan peranan sumber daya alam (hewan/tumbuhan) bagi kehidupan.

SKL 2

Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

4. Mengidentifikasi Virus dan Protista.
5. Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi kehidupan.

SKL 3

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

6. Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.

7. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji.

8. Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.

9. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata.

SKL 4

Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

10. Mendeskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan di sekitarnya.

11. Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.

12. Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

SKL 5

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

13. Mendeskripsikan struktur sel dan proses yang terjadi pada sel tersebut.

14. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan/hewan beserta fungsinya.

15. Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsinya.

SKL 6

Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

16. Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia.

17. Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya.

18. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya.

19. Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia serta gangguannya.

20. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya.

21. Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

22. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

SKL 7

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan.

23. Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

SKL 8

Menjelaskan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

24. Mendeskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja, dan fungsinya dalam metabolisme tubuh.

25. Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi).

26. Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.

27. Mendeskripsikan proses respirasi anaerob beserta contohnya.

SKL 9

Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi.

28. Mendeskripsikan susunan nukleotida (DNA, RNA dan kromosom) yang merupakan konsep dasar hereditas.

29. Menjabarkan tahapan sintesis protein.

30. Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan.

31. Mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida.

32. Mendeskripsikan hasil persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.

33. Menginterpretasi pola hereditas pada manusia.

34. Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya.

SKL 10

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.

35 Mendeskripsikan prinsip teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.

36 Mendeskripsikan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi.

37 Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi.

SKL 11

Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada masyarakat dan lingkungan.

38 Mengidentifikasi contoh bioteknologi konvensional dan modern.

39 Mendeskripsikan peran bioteknologi.

40 Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s