Dalam tahun 1890 Carl Correns untuk pertama kali mempelajari pewarisan sitoplasmik pada tanaman Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa var. albomaculata). Pada tanaman ini dapat dibedakan tiga macam cabang yaitu cabang berdaun hijau, cabang berdaun belang hijau putih dan cabang berdaun putih.

Warna hijau dari daun disebabkan oleh kloroplas yang mengandung kloroplas yang mengandung klorofil. Sel-sel di bagian putih hanya mengandung proplastida mutan yang tidak memiliki klorofil. Untuk hidupnya, jaringan yang berwarna putih menerima zat makanan dari bagian yang berwarna hijau. Apabila embrio tanaman memiliki campuran dari kloroplas normal dan proplastida mutan, maka sel-sel yang pada pembelahan sel menerima kloroplas normal akan tumbuh menjadi bagian berwarna hijau. Sel-sel lainnya yang menerima proplastida mutan saja akan tumbuh menjadi bagian yang putih.

Penelitian Correns memperlihatkan bahwa warna daun batang pada Mirabilis jalapa dipengaruhi oleh warna daun batang induk maternalnya. Meskipun jantan memiliki daun batang putih atau bervariasi, jika ovulumnya memiliki daun cabang yang hijau, maka semua anakannya akan memiliki daun cabang yang berwarna hijau. Hasil percobaan Correns, dari  9 macam persilangan yang dilakukannya dapat diketahui bahwa fenotip dari keturunan tergantung dari fenotip induk betinanya. Induk jantan (yang member pollen) sama sekali tidak berpengaruh. Berhubung dengan itu, persilangan resiprok menghasilkan keturunan yang berlainan fenotipnya.

Sebagai contoh:

  1. Sel telur pada cabang hijau X pollen pada cabang putih menghasilkan keturunan yang semuanya berdaun hijau.
  2. Sel telur pada cabang putih X pollen pada cabang hijau menghasilkan keturunan yang semuanya berdaun putih. Tanaman yang hanya berdaun putih akan segera mati setelah bijinya berkecambah karena tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat berasimilasi.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s