Pasti semua sudah mengalami peristiwa unik ini. Javaurora inget banget nih,  ketika dulu masih sekolah (#puter lagu “kisah-kasih disekolah”) sering kali memerah muka ketika di kelas. Banyak penyebab yang memicunya seperti: di umumkan sebagai juara kelas, di dukung buat jadi ketua OSIS (ha ha sok-sok an), dan yang parah kalau digodain sama temen sekelas pas pelajaran berlangsung (maklum sekelas ma doi) plus  Guru yang mengajar turut meramaikan suasana….arrrgh tengsin banget.

Wah daripada dengerin curhat lebih baik kita mencoba mengkaji dan menganalisis kenapa sich wajah kita kok bisa memerah terutama di areal sekitar pipi. Ternyata…..ternyata (#pake gaya Akbar di stand up comedy) hal ini dipengaruhi oleh hormon yang bekerja di dalam tubuh kita, hormon yang memicu keadaan ini adalah hormon adrenalin. Adrenalin ini mampu memicu kontraksi dari otot jantung untuk memompa darah lebih cepat. Efek lain yang diakibatkan oleh hormon adrenalin adalah melebarnya pembuluh darah vena disekitar wajah, dan tidak terjadi pada daerah lain di tubuh.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, jika seseorang sedang tersipu-sipu atau malu, maka pembuluh darah di wajah akan merespons sinyal dari pemancar kimia adenylyl cyclase. Akibatnya pembuluh darah di wajah akan melebar (vase dilatasi) dan memungkinkan lebih banyak darah mengalir melalui wajah daripada biasanya. Kondisi ini akan membuat wajah seseorang memerah.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s