Ini nich bagian dari tanaman (di daun) yang keberadaanya esensial. Tentu kita tidak asing dengan yang satu ini “Stomata”, yup: mari kita coba telaah bersama

Image

Darmawan, Ericka. 2012.

Stomata merupakan derivat epidermis yang dikelilingi oleh sel penutup. Membuka dan menutupnya stomata diatur oleh sel penutup tersebut. Membuka dan menutupnya stomata penting dalam proses respirasi, transpirasi, maupun fotosintesis (Salisbury, et al., 1992). Mekanisme membuka dan menutupnya stomata terjadi berdasarkan perubahan turgor, dan perubahan turgor terjadi akibat perubahan dari nilai osmosis dari isi sel penutup (Dahlia, 2001).

Perubahan-perubahan nilai osmotik di dalam sel penutup dikarenakan adanya perubahan kimia yang terjadi di dalam sel penutup. Hal inilah yang selanjutnya akan mengubah potensial air di dalam sel penutup yang mempengaruhi membuka dan menutupnya stomata (Sasmitamihardja, 1990). Menurut Sasmitamihardja (1990) bahwa meningkatnya konsentrasi suatu larutan akan menurunkan nilai potensial osmotiknya. Jadi apabila diberi larutan gula 10%, maka akan menyebabkan potensial osmotik sel penutup rendah karena air dari sel penutup kembali ke sel tetangga. Sel tetangga menjadi mengembang dan kemudian mendorong sel penutup sehingga stomata menjadi tertutup.

Pada perlakuan terakhir yaitu dengan Mengganti larutan gula 10% dengan air kembali stomata tampak membuka kembali. Hal tersebut terjadi karena perubahan nilai osmotik dari sel penutup setelah terjadi penggantian larutan. Ketika air gula 10% diganti dengan air, maka akan mengakibatkan turgor sel penutup tinggi atau meningkat, sehingga dinding sel penutup yang berhadapan pada celah stoma akan tertarik ke belakang dan celah stoma menjadi terbuka kembali. Naiknya turgor disebabkan adanya air yang mengalir dari sel tetangga masuk ke sel penutup, sehingga sel tetangga kekurangan air dan mengkerut. Selanjutnya sel tetangga yang mengkerut tersebut menarik sel penutup ke belakang dan stomata menjadi terbuka.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s