Bagaimana apabila melakukan percobaan dengan menempatkan biji yang akan berkecambah pada media yang tertutup? Bagaimana hasilnya?

Darmawan, Ericka. 2012

Ternyata berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa tanaman yang ditempatkan pada media tertutup lebih panjang daripada tanaman yang ditempatkan pada media yang terbuka. Hal tersebut kemungkinan disebabkan pada perlakuan di tempat terang, tanaman akan terkena langsung oleh cahaya matahari sedangkan seperti yang kita ketahui bersama bahwa sinar matahari dapat memperlambat kerja hormon auksin yang dalam proses pertumbuhan hormon auksin berperan sebagai pemacu pertumbuhan tanaman.

Pada peristiwa ini disebut mengalami etiolasi. Etiolasi adalah pertumbuhan tumbuhan yang sangat cepat seperti batang tumbuh lebih panjang di tempat gelap namun kondisi tumbuhan lemah, batang tidak kokoh, daun kecil dan tumbuhan tampak pucat. Penyebab etiolasi, karena tidak ada cahaya menyebabkan auksin tidak terurai dan aktif memperbesar dan memperpanjang sel batang lebih cepat secara terus menerus. Pertumbuhan paling panjang adalah biji yang berada dalam tempat gelap karena hormon auksin dapat bekerja maksimal pada tempat / ruang yang gelap dan cahaya matahari yang tidak terlalu banyak.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s