Ha ha, judul yang mengindikasikan siempunya kehabisan ide untuk mencari judul yang menarik. What ever lah yang penting bisa berbagi.

Darmawan, Ericka 2011.

Tentu ada beberapa factor yang mempengaruhi laju transpirasi yang terjadi pada tumbuhan, akan coba dijabarkan dalam uraian berikut ini.

Radiasi cahaya/sinar matahari
Sinar matahari dapat meningkatkan suhu lingkungan sehingga meningkatkan tingkat penguapan air. Radiasi cahaya juga mempengaruhi membukanya stomata, sehingga dengan terbukanya stomata pada siang hari, transpirasi akan berjalan dengan lancar (Sasmitamihardja, 1990). Salisbury dan Ross (1992) menyatakan bahwa cahaya memepengaruhi laju transpirasi melalui dua cara pertama cahaya akan mempengaruhi suhu daun sehingga dapat mempengaruhi aktifitas transpirasi dan yang kedua dapat mempengaruhi transpirasi melalui pengaruhnya terhadap buka-tutupnya stomata. cahaya yang banyak dapat menyebabkan membuka dan menutupnya  stomata sehingga akan mempercepat laju transpirasi dan sebaliknya. Adapun lapisan lilin dapat menghambat laju transpirasi.

Kelembaban udara
Kelembaban udara sangat berpengaruh terhadap laju transpirasi. Kelembaban menunjukkan banyak sedikitnya uap air di udara, yang biasanya dinyatakan dengan kelembaban relatif. Apabila tekanan uap air di udara rendah atau kelembaban relatifnya rendah, maka perbedaan tekanan uap air di rongga daun dengan di udara akan lebih tinggi atau meningkat sehingga akan mempercepat laju transpirasi. Sebaliknya, Apabila tekanan uap air di udara tinggi atau kelembaban relatifnya tinggi, maka perbedaan tekanan uap air di rongga daun dengan di udara akan rendah sehingga akan memperlambat laju transpirasi.

Suhu
Suhu tumbuhan pada umumnya tidak berbeda banyak dengan lingkungannya. Kenaikan suhu udara akan mempengaruhi kelembaban relatifnya. Meningkatnya suhu pada siang hari, biasanya menyebabkan kelembaban relatif udara menjadi makin rendah, sehingga akan menyebabkan perbedaan tekanan uap air dalam rongga daun dengan di udara menjadi semakin besar dan laju transpirasi meningkat.

Angin
Angin adalah suatu perpindahan masa udara dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam perpindahan masa udara ini, angin akan membawa masa uap air yang berada di sekitar tumbuhan, sehingga dapat menurunkan tekanan uap air disekitar daun dan dapat mengakibatkan meningkatnya laju transpirasi.

Keadaan air tanah
Laju transpirasi sangat bergantung pada ketersediaan air di dalam tanah. Berkurangnya air di dalam tanah akan menyebabkan berkurangnya pengaliran air ke daun dan hal ini akan menghambat laju transpirasi (Sasmitamihardja, 1990).

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s