Darmawan, Ericka 2011.

Dalam aktivitas hidupnya, sejumlah besar air dikeluarkan oleh tumbuhan dalam bentuk uap air ke atmosfer. Pengeluaran air oleh tumbuhan dalam bentuk uap air ini, prosesnya disebut transpirasi. Transpirasi penting bagi tumbuhan, karena berperan dalam hal membantu meningkatkan laju angkutan air dan garam mineral, mengatur suhu tubuh dengan cara melepaskan kelebihan panas dari tubuh dan mengatur turgor optimum di dalam sel (Sasmitamihardja, 1990).

Transpirasi dilakukan oleh tumbuhan melalui stomata, kutikula dan lentisel. Sehubungan dengan transpirasi, organ tumbuhan yang paling utama dalam melaksanakan proses ini adalah daun, karena pada daunlah kita jumpai stomata paling banyak. Kalau kita bandingkan transpirasi stomata ini dengan transpirasi melalui sarana lainnya, maka melalui stomata paling banyak dilakukan (Sasmitamihardja, 1990).

Kegiatan transpirasi dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dalam maupun faktor luar. Faktor-faktor dalam yaitu antara lain besar kecilnya ukuran daun, tebal tipisnya daun, ada tidaknya lapisan lilin, banyak sedikitnya jumlah stoma daun, dan lain-lain. Sedangkan faktor luar meliputi radiasi, temperatur, kebasahan udara, tekanan udara, angin, dan keadaan air di dalam tanah (Dahlia, 2001).

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s