Asisten profesor pendidikan di Michigan State University, Christina Greenhow menemukan bahwa siswa yang memanfaatkan twitter sebagai instruksi pembelajaran lebih terlibat dengan materi pembelajaran, guru dan sesama siswa. Tak hanya itu, para siswa ini juga mendapat nilai lebih tinggi.

“Twitter dapat dianggap sebagai praktik sastra yang baru. Ini mengubah cara kita merasakan dan mengalami apa yang kita baca dan apa yang kita tulis,” kata Greenhow seperti dilansir Counsel and Heal, Senin (22/10/2012).

Kiranya hal tersebutlah yang mendorong saya untuk membuat @biosmala sebagai media pembelajaran yang berbasis twitter. Pembelajaran ini dipadukan dengan pertemuan tatap muka disekolah dan juga JavAurora yang merupakan blog pembelajaran.

Selain alasan dasar itu, ada pula pertimbangan bahwa siswa ketika tidak mendapat tantangan cenderung mengikuti cara yang nyaman, menyalin kata-kata persis yang didengar. Beda dengan ngetweet, otak siswa ditantang untuk menemukan inti pelajaran yang panjangnya tidak lebih dari 140 karakter (dikurangi jumlah karakter tagar). Bahkan, harus membuat sebuah kalimat baru yang melukiskan pelajaran yang didapatkan. Meski hanya 140 karakter, tapi membuat sebuah tweet bukan hal mudah. Butuh kreativitas kita untuk membuat tweet yang memikat.

Nah, tu khan. Ngetweet tidak sekedar menghafalkan pelajaran. Ngetweet justru sebuah tantangan untuk menciptakan pelajaran. Proses ngetweet itu sendiri merupakan upaya menciptakan bangunan pemahaman bagi siswa. Otak tidak pasif, justru aktif melakukan penemuan dan penciptaan. Otak yang aktif ini merupakan tanda dari senyatanya pembelajaran.

Penasaran dengan teknis dan bagaimana efektifitasnya, tengok saja di @biosmala

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s