Portofolio merupakan bukti otentik kegiatan belajar yang sudah dilakukan. bukti bukti tersebut disusun berdasarkan alur pembelajaran yang telah dibuat. Dengan portofolio dimungkinkan hasil belajar tidak hanya dinilai dari sudut pandang penilaian sumatif saja namun juga penilain formatif. Artinya proses pembelajaran sangat dipertimbangkan sebagai nilai akhir tidak hanya berpangkal pada penilaian akhir semester atau tengah semester saja.

Berbekal portofolio yang kali ini disusun dalam bentuk soft file dimungkinkan bagi pebelajar melaporkan secara mandiri apa saja yang telah dipelajari dilengkapi dengan bukti konkret proses belajar.

Pelaporan proses belajar juga disertai pula dengan kesulitan selama ini yang dipelajari dan kemudian usaha apa yang dilakukan agar proses belajar tersebut berjalan dengan lancar.

Berikut adalah panduan dalam menyusun portofolio dalam bentuk e-portofolio yang diharapkan akan paperless dan ramah lingkungan serta hemat dari segi pembiayaan.

Panduan berikut: untuk matakuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi, Etnopedagogi, Ekologi dan Metodologi Penelitian Pengembangan (silahkan klik nama matakuliah, untuk mendonlot panduan penyusunan e-portofolionya)

About JavAurora

JavAurora is a blog that I created, Ericka Darmawan. I work as a lecturer at Tidar University, a State University in the City of Magelang. I completed my doctorate (Dr.) at State University of Malang (Universitas Negeri Malang/UM) in the field of Biology education. My research revolves around developing learning models, Ecological education, and Disaster Mitigation learning. Should you want to know further information on my academic works, please visit https://scholar.google.co.id/citations?user=Yk53JMsAAAAJ&hl=en&authuser=1

One response »

  1. Insi Ahyaina Lu'lu Thaini says:

    panduan penyusunan eportofolio

Leave a comment