Ada hal menarik yang bisa kita lihat pada saat pengamatan bakteri yang kita kembangkan pada medium cair. Seperti pada Gambar di atas pertumbuhan mikroba di dalam media cair dapat menunjukkan sifat berdasarkan kebutuhan oksigen sehingga berdasarkan petunjuk visual tersebut kita dapat menggolongkan bakteri menjadi empat kelas berikut:
1. Bakteri aerobik obligat berkumpul di bagian atas tabung reaksi untuk dapat menyerap oksigen dengan maksimal.
2. Bakteri anaerob obligat berkumpul di bawah untuk menghindari oksigen.
3. Bakteri anaerob fakultatif berkumpul terutama di atas, karena respirasi aerobik yang menguntungkan, namun tidak adanya oksigen tidak menghambat mereka sehingga dapat ditemukan di sepanjang tabung.
4. Mikroaerofil berkumpul di bagian atas tabung reaksi tetapi tidak pada bagian atas. Mereka membutuhkan oksigen, tetapi pada konsentrasi yang lebih rendah.

Perbedaan tersebut didasarkan pada kebutuhan akan oksigen bebas dari udara bagi bakteri untuk respirasi sel sangat berbeda, tergantung pada adanya sistem enzim biooksidatif yang ada pada tiap spesies sehingga dikenal adanya respirasi aerob dan anaerob.

Sebenarnya pengamatan tersebut tidak hanya dapat dilakukan pada medium cair, pada medium padat pun bisa dilakukan pengamatan serupa. Caranya adalah dengan melihat koloni yang tumbuh dipermukaan media dengan elevasi tinggi, cembung dan sebagainya merupakan kelompok bakteri yang memerlukan oksigen bebas dari udara. Sedangkan koloni yang tumbuh dibagiuan dasar media adalah kelompok bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas dari udara.

About JavAurora

Aku bagai berjalan di atas air, beriak tapi tak berbekas

One response »

  1. zaki says:

    bakteri dekomposer gmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s