Ada hal menarik yang bisa kita lihat pada saat pengamatan bakteri yang kita kembangkan pada medium cair. Seperti pada Gambar di atas pertumbuhan mikroba di dalam media cair dapat menunjukkan sifat berdasarkan kebutuhan oksigen sehingga berdasarkan petunjuk visual tersebut kita dapat menggolongkan bakteri menjadi empat kelas berikut:
1. Bakteri aerobik obligat berkumpul di bagian atas tabung reaksi untuk dapat menyerap oksigen dengan maksimal.
2. Bakteri anaerob obligat berkumpul di bawah untuk menghindari oksigen.
3. Bakteri anaerob fakultatif berkumpul terutama di atas, karena respirasi aerobik yang menguntungkan, namun tidak adanya oksigen tidak menghambat mereka sehingga dapat ditemukan di sepanjang tabung.
4. Mikroaerofil berkumpul di bagian atas tabung reaksi tetapi tidak pada bagian atas. Mereka membutuhkan oksigen, tetapi pada konsentrasi yang lebih rendah.

Perbedaan tersebut didasarkan pada kebutuhan akan oksigen bebas dari udara bagi bakteri untuk respirasi sel sangat berbeda, tergantung pada adanya sistem enzim biooksidatif yang ada pada tiap spesies sehingga dikenal adanya respirasi aerob dan anaerob.

Sebenarnya pengamatan tersebut tidak hanya dapat dilakukan pada medium cair, pada medium padat pun bisa dilakukan pengamatan serupa. Caranya adalah dengan melihat koloni yang tumbuh dipermukaan media dengan elevasi tinggi, cembung dan sebagainya merupakan kelompok bakteri yang memerlukan oksigen bebas dari udara. Sedangkan koloni yang tumbuh dibagiuan dasar media adalah kelompok bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas dari udara.

About JavAurora

JavAurora is a blog that I created, Ericka Darmawan. I work as a lecturer at Tidar University, a State University in the City of Magelang. I completed my doctorate (Dr.) at State University of Malang (Universitas Negeri Malang/UM) in the field of Biology education. My research revolves around developing learning models, Ecological education, and Disaster Mitigation learning. Should you want to know further information on my academic works, please visit https://scholar.google.co.id/citations?user=Yk53JMsAAAAJ&hl=en&authuser=1

One response »

  1. zaki says:

    bakteri dekomposer gmn?

Leave a comment